google-classroom

Guru Abad 21 di SMK Tunas Media

Oleh : Pharameswara Maharani Pertiwi

Salam Teknologi!
Tahukah kamu apa itu Google Classroom?
 
Google Classroom dalam bahasa Indonesia adalah “Ruang Kelas Google”. Apa yang di maksud dengan Ruang Kelas Google?  yaitu suatu forum pembelajaran campuran yang di khususkan kepada setiap lembaga  pendidikan. Google Classroom adalah jawaban atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolongkan setiap penugasan tanpa menggunakan kertas. Dengan menggunakan Google Classroom  membuat SMK Tunas Media ikut melakukan upaya penghematan  kertas atau Paperless serta mendukung SMK Tunas Media sebagai sekolah berbasis IT  di Kota Depok sesuai dengan slogan SMK Tunas Media yaitu “School of Technology and Business”.
 
Sebelum aktif menggunakan fitur dari Google ini, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan SMK Tunas Media telah mendapatkan sosialisasi terlebih dahulu dalam kegiatan Rapat Kerja, cara menggunakan Google Classroompun sangat mudah, Guru hanya perlu melakukan pembuatan kelas dengan menggunakan Gmail, kemudian guru mendapatkan kode unik  dari  Google Classroom dan memberikan kode unik tersebut kepada siswa sebagai syarat bergabung ke kelas yang telah dibuat oleh Guru.
 
Apa saja keuntungan yang akan kita dapatkan jika menggunakan Google Classroom?
Ada banyak kelebihan jika kita menggunakan Google Classroom seperti :
 
a) Proses setting yang cepat dan nyaman
Guru hanya perlu memberikan kode unik kelas kepada siswa agar siswa dapat bergabung ke dalam kelas, serta Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga ideal bagi guru meskipun dengan tingkat pengalaman eLearning yang beragam.
 
b) Hemat waktu
Peserta didik tidak lagi harus men-download tugas yang diberikan guru. Guru pun tinggal membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online. Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom. Dengan demikian, ada potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi keduanya, baik peserta didik maupun gurunya.
 
c) Meningkatkan kerjasama dan komunikasi
Guru dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik mereka untuk memulai diskusi online atau memberitahu mereka tentang kegiatan pembelajaran online tertentu.
 
d) Penyimpanan data terpusat
Dengan Google Classroom, semuanya berada dalam satu lokasi terpusat. Peserta didik dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu, guru dapat menyimpan bahan eLearning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat / nilai dapat dilihat dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir tentang dokumen hilang atau penilaian hilang.
 
e) Berbagi sumber daya yang cepat
Guru memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber daya online dengan peserta didik mereka langsung. Daripada harus memperbarui kursus eLearning atau mengirim email individu untuk setiap siswa, mereka tinggal mengakses aplikasi Google Classroom dan mendistribusikan link ke sumber daya online dan materi eLearning tambahan yang dapat menguntungkan peserta didik mereka.
 
Siswa/i di  SMK Tunas Media merespon baik kegiatan ini, mereka menjadi lebih aktif dalam mengerjakan dan mengumpukan tugas, semoga dengan kegitan ini semakin mendukung Kota Depok menjadi SmartCity.
 

Tags: No tags

Comments are closed.