sumpah_pemuda

Langkah SUKSES Terobosan Para Pelajar Dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat juang untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Dibalik kata – kata “Sumpah Pemuda” ialah hasil keputusan dari Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita :

“Tanah air Indonesia”, “Bangsa Indonesia”, dan “Bahasa Indonesia”.

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuijsen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sebab perjuangan yang tak mudah ini yang harus di ingat turun temurun, agar timbul kesadaran pada setiap generasi penerus bangsa untuk lebih semangat. Maka dari itulah, setiap tanggal 28 Oktober, segenap rakyat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Peran Pelajar SMK Tunas Media Dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda 2020

Berikut makna dan peran bagi para pelajar SMK Tunas Media dalam memperingati hari Sumpah Pemuda :

  • Sebagai pelajar yang notabene mengenyam bangku pendidikan, sudah tentu kita harus menghargai perjuangan pemuda pemudi para pahlawan yang telah tinggal nama.
    • Bentuk penghargaan yang diberikan diantara nya, disiplin ketika waktunya Belajar Dari Rumah (BDR), mengumpulkan tugas tepat waktu, menjaga etika dan martabat selayaknya pelajar yang baik dan cerdas.
  • Berita di media massa beberapa waktu lalu, telah dijumpainya para pelajar yang belum pada masa nya memberikan aspirasi nya, merasa perbuatan lancang nya adalah benar.
    • Melihat beberapa sikap teman kita sesama pelajar yang tidak menghargai jasa pahlawan – pahlawan seperti itu, kita jangan pernah ikut terpengaruh bila teman terdekat sekalipun mengajak kita, bersatu serta bangkitlah menjadi generasi yang unggul.
  • Meski kegiatan belajar di sekolah dilakukan secara virtual, kecenderungan untuk menyerah dan mengambil jalan pintas membuat pelajar enggan melakukan suatu pengorbanan yang lebih untuk mendapatkan sesuatu, sehingga masih sangat mudah ditemui di beberapa kalangan pelajar dalam mengisi soal – soal ujian sekolah secara online, cenderung
    • Pelajar diajak untuk menghayati dan menerapkan semangat untuk berjuang dalam mencapai atau mendapatkan sesuatu, sekalipun ada banyak rintangan yang dihadapi.
  • Sebagai pelajar, sudah sepatut nya kita bangga akan prestasi – prestasi yang ditorehkan teman – teman se- tanah air baik di kancah nasional maupun internasional.
    • Prestasi – prestasi yang sudah berhasil ditorehkan bisa menjadikan kita termotivasi untuk melakukan hal – hal yang positif, dan membawa gelar prestasi juga.
  • Sampai sekarang, masih banyak ditemukan nilai mata pelajaran bahasa Indonesia yang lebih rendah dari nilai mata pelajaran bahasa asing, jika dalam kehidupan sehari-hari pelajar mencampurkan bahasa gaul dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka keberadaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat luntur.
    • Kita harus bangga bahwa bahasa Indonesia diikarkan melalui Sumpah Pemuda.
  • Kaum pelajar adalah tonggak negara Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI itu sendiri karena dalam proses pendidikan, pelajar diajarkan untuk penerapan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,
    • Sebagai kalangan yang terpelajar, diharapkan menciptakan kedamaian bukan menciptakan perpecahan melalui media sosial maupun tawuran yang sering terjadi.
    • Pelajar dapat menerima segala perbedaan, karena mencintai bukan karena kelebihan yang ditampilkan, melainkan menerima juga kekurangan.
  • Perkataan dan perbuatan kita seharus nya dapat menjadi contoh baik bagi adik-adik kelasnya.
  • Di era globalisasisaat ini, manfaatkanlah penggunaan alat canggih yang ada dengan sebaik – baik nya, jangan sembrono dalam pergaulan dunia maya.

Sekiranya, biarlah dengan memperingati hari Sumpah Pemuda 2020, di tahun pandemi ini, para pelajar SMK Tunas Media pasti bisa BERSATU saling membangun, merajut persahabatan dalam setiap perbedaan pendapat dari setiap permasalahan yang dilalui, dan pasti bisa BANGKIT memberi suatu terobosan inovasi yang tidak mengecewakan para leluhur, pahlawan pejuang yang telah gugur demi menciptakan deklarasi Sumpah Pemuda. Bangkit ! hingga pada titik mengharumkan Tanah Air tercinta, Indonesia.

Tags: No tags

Comments are closed.