WhatsApp Image 2022-08-30 at 08.07.34

ANBK 2022 SMK Tunas Media

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selain perubahan nomenklatur menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) juga adanya perubahan sistem evaluasi pembelajaran. Apa perbedaannya? BNSP (Badan Nasional Standarisasi Pendidikan) sebuah badan turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyatakan jika ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah.

ANBK resmi menjadi pengganti UNBK yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

AN dirancang tidak hanya sebagai pengganti UN dan Ujian Sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

ANBK terdiri dari tiga bagian, yakni:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
    Mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.
  2. Survei Karakter
    Mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif.
  3. Survei Lingkungan Belajar
    Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Metode pelaksanaan ANBK yang dilakukan oleh SMK Tunas Media adalah berbasis Online. Sehingga komputer server sekolah maupun klien sepenuhnya menggunakan akses internet karena sistem pengujian langsung berhubungan dengan server pusat.

Kegiatan ANBK di SMK Tunas Media dilaksanakan pada Hari/Tanggal: Senin – Selasa, 29-30 Agustus 2022 sebanyak 45 orang dengan skema pelaksanaan 2 Sesi, Sesi ke-1 sebanyak 20 orang dimulai 07.30 – 09.40 WIB sedangkan Sesi ke-2 sebanyak 25 orang dimulai 10.40 – 12.50 WIB. Adapun Pengawas ANBK yang ditugaskan merupakan unsur Guru dari sekolah lain dibawah naungan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Depok.

Tags: No tags

Comments are closed.