jumat_religi11

Jum’at Religi Menyambut Idul Adha 1440H

Oleh : Pharameswara Maharani Pertiwi

Hallo Sahabat Tunas Media…
Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 9 Agustus 2019, seluruh siswa/i muslim SMK Tunas Media beserta pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan kegiatan rutin yang hanya dilakukan setiap hari Jum’at. Kegiatan apakah itu? Kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh SMK Tunas Media setiap hari Jum’at adalah “Jum’at Religi”. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.30 WIB sebelum melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dan dimulai dengan membaca ayat suci Al-Quran bersama terlebih dahulu, surat yang dibaca pada Jum’at Religi kemarin adalah surah Al-Waqiah.

Bahkan Rassulullah saw. Membaca surah Al-Waqiah pada pagi hari juga loh…

عن جابر بن سمرة يقول: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيٍ الصَّلّوَاتِ كَنَحْوِ مِنْ صَلاَتِكُمُ الَّتِيْ تُصَلُّوْنَ الْيَوْمَ وَلَكِنَّهُ كَانَ يُخَفِّفُ كَانَتْ صَلَاتُهُ أَخَفُّ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَكاَنَ يَقْرَأُ فِى الْفَجْرِ الْوَاقِعَةَ وَنَحْوَهَا مِنَ السُّوَرِ. أخرج الإمام أحمد

Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, “Rasulullah saw. selalu salat seperi salat yang kalian laksanakan hari ini, tetapi beliau meringankannya, salat beliau lebih ringan dari pada salat kalian, dan beliau selalu membaca di waktu fajar (Subuh) surah Al-Waqiah dan surah-surah semisalnya.” (HR. Ahmad)

Setelah membaca surah Al-Waqiah bersama, kegiatan selanjutnya adalah mendengarkan Tausiyah dari Ustadz Abdul Rohman dengan tema menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H. Alhamdulillah kegiatan Jum’at Religi SMK Tunas Media berjalan dengan lancar dan semoga kegiatan ini dapat menjadi berkah serta istiqomah dijalankan.

 

Tags: No tags

Comments are closed.