Screen Shot 2021-11-30 at 13.01.53

Apa yang Anda ketahui mengenai Teknik Komputer dan Jaringan?

Oleh: Muhajir Syamsu, S.Kom.

Teknik komputer dan jaringan atau biasa disebut TKJ adalah teknik untuk mempelajari cara menginstal PC, menginstal LAN, memperbaiki PC, dan mempelajari program PC. TKJ merupakan salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ikhlas Jawilan. Di SMK Ikhlas Jawilan, jurusan TKJ memiliki peminat yang banyak setiap tahunnya. mengapa demikian ? Dari survey yang saya lakukan, saya mengetahui mengapa rekan-rekan saya memilih TKJ. Pertama, banyak peluang kerja yang terlihat keren saat duduk di belakang laptop atau komputer pribadi dan gajinya tinggi. Belajar TKJ itu sulit dan mudah. Yang penting kemauan dan tekad untuk belajar tinggi. Jika memilih jurusan ini sebaiknya memiliki laptop atau komputer pribadi untuk media belajar, sehingga mudah untuk mendapatkan materi dari guru.

Mengapa memilih teknik komputer dan jaringan? Ketika ingin melanjutkan pendidikan ke SMK, teknik komputer dan jaringan (TKJ) adalah salah satu pilihan pertama. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), kebanyakan anak akan bingung atau ragu-ragu tentang jurusan apa yang ingin mereka pelajari. TKJ adalah jurusan yang mempelajari teknik komputer, seperti merakit PC, laptop, wiring dan networking. Di jaringan, tugas kita sebagai anak TKJ adalah mengkonfigurasi peralatan jaringan, seperti router, switch, hub, dan sebagainya. Selain itu, kita harus mempertimbangkan keamanan jaringan untuk membuatnya beroperasi dengan cara terbaik. Jadi secara garis besar, jurusan TKJ lebih mengacu pada aspek hardware dan proses transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Apa keuntungan dari teknik komputer dan jaringan?

  1. Setelah mempelajari jurusan tkj ini semoga menjadi orang yang mengikuti perkembangan zaman, tentunya tidak akan ketinggalan yang namanya informasi teknis, karena dengan mempelajari jurusan jaringan komputer ini bisa terhindar dari yang namanya kudeta.
  2. Jika Anda serius, maka belajarlah Pada materinya anda akan mengetahui banyak pengetahuan software, dari sistem operasi hingga aplikasi, kemudian pada hardware anda akan mengenalkan nama-nama komputer rakitan, notebook dan laptop dan cara perawatannya, serta jaringannya. memahami banyak seluk beluk dunia jaringan, seperti manajemen jaringan, perkabelan, dunia internet, keamanan atau keamanan jaringan, jika Anda benar-benar memilih jurusan ini, Anda akan tetap mendapatkan banyak pembelajaran aktif.
  3. Singkatnya anda ketika keluar sebagai alumni anak TKJ anda akan mengetahui banyak seluk beluk dunia terutama dunia teknologi komputerisasi dan jaringan.
Tags: No tags

Comments are closed.