business analyst

Apa itu Bussines Analyst?

Bussines analis merupakan salah satu profesi yang banyak diminati, bukan tanpa sebab, dikarenakan bussines analis merupakan profesi yang cukup penting dalam perusahaan. Banyak orang yang mulai meminati dan akhirnya terjun ke dunia bussines analis.

Apa itu bussines analis?

Bussines analis adalah orang yang bertugas menganalisa sebuah organisasi,instansi atau perusahaan dan mendesain proses & sistem, menilai model bisnis menintergrasukannya dengan teknologi. Jadi analis bisnis diminta untuk mengidentifikasi sebuah masalah dan memberi solusi dari perusahaan tersebut agar manajemen dapat beroprasi dengan lebih efesien dan efektif.

Tugas seorang analis bisnis

Bussines analisis memiliki banyak kategori atau sektor yaitu Quality Control Analist dan Program Management Analist, dan masih banyak lagi. Setiap sektor atau kategori akan memiliki tanggung jawab yang berbeda. Misalnya antara UX analyst dan System analyst memiliki JobDesk yang berbeda, namun secara garis besar tugas dan tanggung jaawab bussines analysist hampir sama.

Secara Garis besar seorang analis bisnis mempunyai tugas yaitu mengetahui hal apa saja tentang bisnis apa yang dijalankan dan dengan cara apa perusahaan itu berjalan. Selain itu bisnis analis bertanggung jawab mencari rute terbaik untuk mengembangkan bisnis. Seorang bisnis analis juga harus bisa mencari masalah dalam bisnis dan menemukan langkah untuk memperoleh solusi terbaik. Bisa dengan Berdiskusi dengan divisi atau pegawai yang bersangkutan untuk memastikan sistem bisini berfungsi dengan benar.

Tanggung jawab Business Analysist

Bisnis analis tidak harus selalu bekerja dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan IT, keahliannya juga sering diperlukan dalam bidang pemasaran dan keuangan juga. Biasanya beberapa perusahaan atau industri yang membutuhkan jasa dari bisnis analis biasanya yang bergerak di bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, utilitas, layanan perangkat lunak dan sebagainya. Business analyst memiliki tanggung jawab memahami struktur, kebijakan, dan proses produksi suatu perusahaan maupun organisasi dan merekomendasikan solusi, cara, metode yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya dan memiliki jiwa problem solver.

Tags: No tags

Comments are closed.